Lazada Indonesia

Menanam Cabai Dengan Polibeg

Posted by Lajuardy Hardian 0 komentar
Salam Petani,
Cabai merupakan komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan karena harga komoditas ini relatif stabil bahkan tinggi menjelang waktu - waktu tertentu seperti hari Raya Lebaran dan saat musim penghujan seperti sekarang ini (pengaruh intensitas serangan penyakit yang tinggi sehingga menyebabkan banyak petani gagal panen).
Penggunaan polibeg dalam penanaman komoditas pertanian sudah cukup biasa digunakan. adapun kelebihan menggunakan polibeg adalah :

1. Dapat diterapkan di lahan sempit
2. Mudah dalam perawatan
3. Lebih terjaga dari serangan hama dan penyakit

Tekhnik budidaya 

a. Pembibitan
Siapkan media semai dari tanah top soil, pasir, pupuk kandang matang dengan perbandingan 1:1:1, tempatkan dalam wadah/nampan. buat larikan sedalam 1 cm dan tebar benih merata pada larikan kemudian tutup kembali dengan tanah tipis-tipis, tutup dengan karung goni yang telah dibasahi dan tempatkan di tempat yang lembab.
Setelah bibit tumbuh +/- 3 -4 hari buka tutup kain goni dan tempatkan nampan di tempat yang terkena sinar matahari pagi.
Proses selanjutnya bibit dapat dipindah ke babybag/pocis (terbuat dari daun pisang) dengan media sama denan media semai. Proses ini berguna untuk memberikan tanaman perawatan yang maksimal sebelum di pindah polibeg besar/largebag. Tempatkan babybag dalam sungkup naungan. Siram pagi dan sore hari hingga tanah jenuh.

b. Penanaman ke polibeg besar/largebag
Untuk media largebag, digunakan tanah topsoil, pupuk kandang 1 kg/bag, NPK 6 grm/bag. Tanam bibit setelah cabai berdaun 4.

c. Perawatan 
  • Penyiraman  : kecuali hari hujan, dilakukan setiap pagi dan sore hari hingga tanah jenuh
  • Penyiangan  : dilakukan terhadap gulma yang tumbuh disekitar polibeg
  • Pemulsaan   : dengan lalang /daun kering untuk mengurangi penguapan air di tanah dan mengurangi  cipratan air dari tanah ke buah/daun (meminimalkan serangan penyakit)
  • Pemupukan  : NPK 8-10 grm/bag/bulan
  • Pengajiran    : ajir berfungsi untuk menopang tubuh tanaman yang berat dengan buah, panjang ajir +/- 1 meter/bilah/bag. Tekhnik pengikatan dengan sistem "8"  agar tidak melukai batang  tanaman,
  • Pemanenan : +/- 2.5 bulan panen

Save E-Book nya disini : Menanam cabai dengan polibeg


Terimakasih dan Selamat Mencoba  +,+




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menanam Cabai Dengan Polibeg
Ditulis oleh Lajuardy Hardian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://lajuardyhardian.blogspot.com/2013/10/budidaya-cabai-dalam-polibeg.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of lajuardy green land.