-*- Welcome to My Site, Keep Spirit and Smile -*-

Tugas Asisten/Kepala Divisi/Apdeling (Assistant Agronomi) Perkebunan Kelapa Sawit

Posted by Lajuardy Hardian Thursday, 15 August 2013 0 comments


µ  Profil Asisten Kebun

asal kata assisten adalah ‘to assist ‘  yaitu "membantu".  Maka seorang asisten berperan untuk membantu. Dalam hal ini, membantu  manager dan karyawan dalam melaksanakan segala jenis pekerjaan di lapangan. 
Di dalam industri kelapa sawit,  asisten terbagi menjadi dua yaitu Asisten Divisi/Afdeling (estate) dan Asisten Pabrik (mill). Dan sesuai dengan profesi yang saya lakukan, maka disini saya akan membahas mengenai tugas Asisten Divisi/Afdeling.


Gambaran Umum
Sebuah kebun (estate) yang memiliki luasan berkisar 4.500 ha – 5.000 ha dipimpin oleh seorang site manager yang dibantu dengan 2 (dua) asisten kepala (askep). Masing – masing askep memiliki 3 (tiga) orang asisten divisi yang bertanggung jawab atas kegiatan agronomi untuk luasan ± 600 – 700 hektare yang masih dibagi lagi atas blok tanaman yang luasnya 25 - 40 ha, sehingga satu divisi/afdeling akan terdiri atas 15 – 25 blok.  Blok merupakan unit kerja terkecil untuk pengadministrasian.. melalui pengawasan dan pengendalian operasional juga  bertanggung jawab atas terciptanya kondisi tempat kerja yang aman atas kemungkinan terjadinya kecelakaan di lingkungan kerja. 

Seorang kepala divisi/afdeling adalah bagian  dari manager terdepan dalam sebuah perusahaan. Kedudukannya Asisten Divisi ini sangat strategi, karena hubungan secara langsung dengan pengambilan keputusan dan kebijaksanaan yang ditetapkan untuk dilaksanakan secara operasional oleh seluruh bawahannya dalam sebuah wilayah divisi / afdeling. Otoritas terhadap kebijakan divisi/afdeling tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan kepada perusahaan.

Dalam menjalankan peran dan tugasnya, seorang kepala divisi/afdeling mempunyai tugas yang di turunkan dalam tugas harian, tugas mingguan, tugas bulanan dan tugas tahunan. Tugas-tugas tersebut dijalankan melalui koridor kontrol dan evaluasi. Bentuk pertanggungjawaban seorang kepala afdeling bisa ke asisten kepala (askep) maupun site manager tergantung bentuk susunan organisasi perusahaan. Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya tersebut seorang kepala divisi/apdeling dibantu oleh seorang krani divisi, beberapa mandor atau pengawas lapangan (produksi dan perawatan) yang membawahi maksimal 20 (dua puluh) karyawan per kemandorannya. Juga masih di perlukan beberapa orang penjaga malam, pesuruh, penjaga pompa air/listrik.  Tiap divisi/afdeling dilengkapi kantor, gudang, garasi, lapangan olah raga, balai pertemuan, rumah ibadah, bak mandi umum, pentitipan bayi, poliklinik.

µ  Tugas dan Tanggungjawab Asisten Afdeling

1.            Dikantor Divisi (Pagi)



  • Melaksanakan lingkaran pagi (sudah berada di kantor sebelum jam 6 pagi)
  • Membetulkan penyimpangan kerja hari sebelumnya
  • Mendata jumlah tenaga kerja pada hari tersebut untuk menentukan target minimal seluruh mandor
  • Memastikan bahan yang dibawa sesuai dengan jumlah tenaga kerja, lengkap dengan paeralatan
  • Mempersiapkan transportasi yang cukup untuk angkut karyawan dan panen
  • Menyelesaikan pengecekan pekerjaan administrasi sebelum jam 07.00.

2.            Di lapangan
  • Paling lambat jam 07.00 sudah berada di lapangan untuk memastikan semua instruksi kerja sudah dijalankan
  • Memberikann tata cara dan praktik kerja yang baik dan benar
  • Periksa hasil kerja yang kemarin (kualitas & prestasi) dan bila ada penyimpangan, segera panggil mandor dan dan beri sanksi
  • Jam 12.00-13.00 istirahat makan siang serta dapat memilih pekerjaan yang paling penting untuk diawasi (tetap disana)
  • Jam 13.00 -14.30 harus sudah kembali ke lapangan dan bila ada urusan penting bisa pulang lebih awal
  • Sebelum jam 14.30, memastikan ketersediaan transportasi untuk muat karyawan pulang baik dari Blok kerja maupun dari kantor divisi serta TBS ke PKS

3.            Di kantor Divisi (sore)
  • Sore hari sebelum jam kerja selesai, memeriksa laporan prestasi kerja
  • Waktu penerimaan laporan hasil kerja, periksa ”kewajaran” dan bila ragu tanyakan pada mandor yang bersangkutan
  • Serahkan laporan ke krani bila telah selesai laporan diperiksa dan diparaf
  • Membuat rencana kerja harian / RKH untuk besok hari dan persiapkan bahan yang cukup
  • Memeriksa kebenaran data yang telah diinput oleh krani pada pagi hari dan melanjutkan sisa pekerjaan yang belum selesai diperiksa pada pagi harinya

Dalam bekerja seorang Asisten dituntut untuk :

        Memiliki  Keahlian dan Pengetahuan (Skill and Knowledge).
Memiliki keahlian spesialis (“tahu bagaimana dan tahu kapan”) serta pengetahuan (tahu bagaimana/how, siapa /who, kapan/when, mengapa/why, apa /what dan dimana/where)

        Kemampuan menganalisa dan memecahkan permasalahan.
Seorang asisten mampu menganalisa dan memecahkan masalah dengan cara memperoleh sumber informasi yang akurat, terpercaya dan tepat waktu. 

         Organisatoris
Dengan keahlian dan pengetahuan yang dimilki seorang asisten, diharapkan dapat memberikan pelatihan, mengadakan evaluasi dan memperbaiki performance kerja, melakukan delegasi, bersedia melepas karyawan yang baik untuk promosi dan berani bertindak tegas atas kesalahan.

  Mempunyai etos kerja serta motivasi yang tinggi/high motivation serta memiliki kemampuan komunikasi/high communication skill dan percaya diri/confident
   

Semoga Bermanfaat   *,^
Hardiansah - Act Assistant - Nursery








TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tugas Asisten/Kepala Divisi/Apdeling (Assistant Agronomi) Perkebunan Kelapa Sawit
Ditulis oleh Lajuardy Hardian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://lajuardyhardian.blogspot.com/2013/08/jobdesk-asisten-kepala-divisiapdeling.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of lajuardy hardian.