Lazada Indonesia

Acara Adat Pemalasan Pembukaan Perkebunan Kelapa Sawit

Posted by Lajuardy Hardian 0 komentar
Indonesia memang negara yang kaya dengan berbagai macam ras, suku, bangsa dan bahasa. Berikut ini akan saya ulas mengenai acara pemalasan adat untuk pembukaan lahan di Kab. Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Acara pemalasan adalah acara yang wajib diselenggarakan oleh perusahaan yang akan membuka alas / hutan sebagai izin kepada penguasa hutan roh nenek moyang agar dalam pelaksanaan pembukaan lahan tidak terjadi sesuatu apapun yang tidak di inginkan. Menurut panghulu adat desa siong bapak Dalios, sebelum acara ini dilaksanakan maka perusahaan dilarang untuk melakukan semua aktifitas pembukaan lahan seperti bloking  penggarapan / land clearing dan pembangunan implasment, sarana dan prasarana.

Acara ini dihadiri oleh semua unsur mulai pihak perusahaan, aparatur pemerintahan, tokoh adat, beserta masyarakat.


Acara adat pemalasan ini meliputi
  • Pendirian patung simbol lahirnya perusahaan


  • Seni tari adat dayak maanyan




  • Acara inti penombakan kerbau






  • Pada malam hari nya kepala kerbau beserta sesaji di letakan di tempat yang di yakini para leluhur dan penguasa hutan akan berkumpul menghadiri acara


Kearifan budaya masyarakat lokal, segala adat budaya, segala bahasa yang ada, membuktikan Indonesia adalah negara yang luar biasa kaya. Mari bersama kita jaga Indonesia Raya tercinta.

Semoga bermanfaat .. *,^
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Acara Adat Pemalasan Pembukaan Perkebunan Kelapa Sawit
Ditulis oleh Lajuardy Hardian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://lajuardyhardian.blogspot.com/2014/05/acara-adat-pemalasan-pembukaan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of lajuardy green land.